Resume Perangkat Jaringan

TUGAS PERTEMUAN 3
Mata Kuliah Jaringan Komputer
Dosen : Bapak Nuzul Imam Fadlilah ST. M.Kom

"Resume Perangkat Jaringan ( Repeater, Bridge, Network Interface Card )"


Perangkat Jaringan merupakan perangkat yang digunakan di dalam sebuah jaringan, perangkat jaringan memiliki beragam jenis dan fungsinya masing-masing. Pada contohnya perangkat jaringan yaitu seperti Repeater, Bridge dan NIC atau Network Interface Card.

1. Repeater

Gambar Repeater

Repeater merupakan perangkat keras jaringan komputer untuk memperkuat sinyal jika digunakan pada jarak yang jauh. Dengan adanya repeater ini jaringan yang tidak terjangkau oleh jarak yang cukup jauh dalam suatu lan, dapat dikembangkan dan di tarik agak jauh dan memperoleh sinyal yang cukup. 

2. Bridge

Gambar Bridge

Bridge memiliki fungsi utama untuk menjembatani jaringan. Maksud dari menjembatani jaringan adalah bridge dapat menggabungkan lebih dari satu jaringan lokal ke dalam satu jaringan lokal yang lebih luas, ataupun sebaliknya, memecah satu jaringan lokal / LAN yang luas menjadi beberapa jaringan lokal yang lebih kecil. Selain itu, bridge juga dapat menjadi penghubung antar dua atau lebih jaringan lokal dengan topologi jaringan yang berbeda – beda.

Fungsi bridge akan sangat terasa apabila anda berada di dalam lingkungan instansi besar, yang terdiri dari beberapa ruangan kantor atau divisi yang letak gedungnya berjauhan. Seluruh komputer antar gedung akan dapat tetap saling terhubung denngan satu jaringan LAN induk dengan menggunakan bridge

3. Network Interface Card ( NIC )

Gambar NIC
Network Interface Card (NIC) merupakan perangkat wajib yang harus dimiliki oleh semua host (Komputer) agar dapat terhubung kedalam sebuah jaringan. NIC menyediakan akses ke media fisik jaringan. Tegangan listrik, arus, gelombang elektromagnetik dan besaran satuan fisik lainnya dibentuk dan ditentukan oleh NIC. NIC bekerja pada layer 1 model OSI atau disebut juga layer physical.
Dikutip dari :
Gambar dikutip dari Google Image



Related Posts:

0 Response to "Resume Perangkat Jaringan"

Post a Comment